Senin, September 14, 2009

Hidup Lebih Bahagia Bersama Endorfin


Emmy Liana Dewi
Ibu Rumah Tangga, pendidik & trainer relaksasi



Endorfin adalah substansi penting dalam kehidupan kita, menjadikan diri kita nyaman dengan diri sendiri, dan menyebabkan kita menjadi senang dan bahagia. Kita menjadi mampu beraktivitas dengan gerak lebih banyak. Endorfin mempunyai efek sedatif, menjadikan kita merasa lebih damai dan tenang. Kata endorfin/endhorphine berasal dari endogenous dan morphine, yang artinya adalah morfin alami yang dihasilkan oleh diri manusia sendiri, tepatnya dari kelenjar hipofisis dan hipotalamus yang terletak di dasar tengkorak (Wikipedia). Di dasar tengkorak jugalah terletak otak yang mengatur emosi (emotional brain), sehingga sangat erat hubungan endorfin dan emosi kita. Endorfin mengurangi rasa nyeri, menghilangkan stres, sedih, depresi, maupun rasa cemas dan menjaga kesehatan mental kita.


Kata morfin berhubungan erat dengan endorfin. Morfin pada awalnya dipakai dalam dunia medis untuk mengurangi rasa nyeri, untuk sementara waktu membawa si pemakainya merasa nyaman sejenak, melupakan rasa nyeri yang menderanya. Karena itulah banyak orang memakai morfin untuk mencapai kenikmatan sesaat dengan biaya dan risiko yang tinggi. Selain mahal harganya, morfin tidak bisa dibeli bebas, dan membuat sang pemakai kecanduan dan mengalami efek sampingan yang membahayakan kesehatan otak. Sedangkan endorfin bisa didapat dengan gratis dan mudah. Selain bisa mengurangi rasa nyeri, endorfin membuat tubuh makin sehat, relaks, dan tanpa efek samping yang berbahaya. Hanya diperlukan usaha dari dalam diri untuk mendatangkan sang hormon bahagia ini. Seperti morfin, endorfin membuat sang penikmatnya menjadi ketagihan untuk lebih banyak melakukan aktivitas gerak guna mengundang sang pembawa rasa bahagia.

Endorfin tidak datang secara tiba-tiba di dalam tubuh dan kehidupan kita. Kita perlu melakukan beberapa usaha untuk mendatangkan hormon bahagia ini, karena hormon ini akan muncul bila cadangan glukosa dalam tubuh mulai habis. Otot tubuh membutuhkan oksigen yang cukup guna membakar glukosa menjadi adenosine triphospate (ATP) yang akan diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita. Ketika glukosa habis, barulah lemak dibakar. Pada saat glukosa habis dibakar inilah endorfin mulai muncul. Dan inilah jawaban pentingnya melakukan aktivitas olahraga yang teratur untuk membakar glukosa melalui aktivitas otot yang akan menghasilkan ATP sehingga endorfin akan muncul dan membawa rasa nyaman, senang, dan bahagia. Sehingga setelah kita melakukan aktivitas olahraga, tubuh terasa lebih bugar walaupun olahraga telah menggunakan tenaga dari tubuh kita. Jadi, kaitan tingkat stres dengan olahraga yang teratur makin tampak pola hubungannya. Olahraga yang teratur merupakan salah satu syarat mutlak untuk mengurangi tingkat stres yang tinggi.

Salah satu olahraga yang meningkatkan hormon endorfin secara maksimal adalah yoga. Yoga menggabungkan peregangan otot secara teratur dan maksimal disertai pernapasan yang dalam dan teratur yang akan memasok oksigen lebih maksimal yang sangat berguna membakar glukosa pada saat meregangkan otot. Pada saat selesai melakukan yoga, biasanya orang akan merasakan kenyamanan dan relaksasi yang dalam, bukan rasa lelah atau capai. Konon kata banyak orang, yoga bisa memperpanjang usia dan membuat orang yang mempratikkannya akan awet muda. Kegiatan fisik lainnya yang meningkatkan hormon endorfin adalah membawa belahan jiwa Anda sampai ke puncak yang akan membawa perasaan relaks, nyaman, dan bahagia. Anda bisa melihat pada belahan jiwa Anda, yang akan berbinar-binar mata dan wajahnya karena sang endorfin bersamanya. Beberapa buku menuliskan bahwa faktor usia tidak menghalangi kegiatan romantis ini jika tubuh selalu bugar. Jadi, memang terlihat adanya hubungan yang sangat erat antara tubuh yang sehat dengan hormon bahagia ini. 

Ingin hidup lebih bahagia? Undanglah endorfin, sang hormon pembawa rasa gembira dan bahagia. Nikmatilah hidup Anda dengan lebih bergairah dan perbanyak aktivitas raga Anda. 

(Emmy Liana Dewi/esuhendro@yahoo.com: Ibu Rumah Tangga, pendidik & trainer relaksasi.)

1 komentar:

  1. adakah makanan atau buah yang dapat membantu sistem saraf otak memproduksi endorfin secara alami?
    adakah exercise yg dapat saya lakukan utk mendapatkan endorfin dengan mudah dan cepat?

    *saya seorang junkie, yg mana sistem saraf otak saya terbiasa menerima asupan endorfin dari luar.

    saya tunggu balasannya ke email saya:

    soumabenefici@yahoo.com

    terima kasih banyak ibu emmy liana dewi.

    BalasHapus